Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban kebakaran di kampung sigar penjalin Desa Dasan Lekong Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah melakukan aksi penggalangan dana dari masyarakat desa kembang kerang daya dan beberapa desa tetangga. Penggalangan dana yang dilakukan selama beberapa hari berhasil dikumpulkan beberapa pakaian layak pakai, sembako, air mineral dan uang.

Jum’at 16 Oktober pukul 07.30 beberapa perwakilan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (HMPS-PGMI) didampingi Kaprodi PGMI Muhammad Munir, M.Pd dan Sekprodi Muhammad Alwan, M.Pd melakukan perjalanan penyaluran bantuan bagi korban kebakaran ke Kabupaten Lombok Utara. Tepatnya di kampung Sigar Penjalin Kecamatan Pemenang KLU. Perjalanan ditempuh dalam waktu kurang lebih sekitar 3 jam dari lombok timur, kondisi jalan yang kurang baik membuat perjalanan sedikit tersendat, tetapi pemandangan bukit-bukit yang ditumbuhi pohon-pohon yang asri menenangkan hati sembari dipinggir jalan disambut dengan hangat oleh sekumpulan kera-kera yang lucu yang menunggu lemparan makanan dari penumpangnya.

Sesampai diposko, rombongan disambut dengan hangat dan penuh rasa terima kasih oleh tokoh pemuda di desa tersebut. Kemudian tidak terlalu panjang lebar langsung dilakukan serah-terima bantuan kepada perwakilan pemuda yang diserahkan oleh Kaprodi dan Sekprodi PGMI.

Penyerahan bantuan oleh Sekprodi dan Kaprodi PGMI ke perwakilan pemuda

Berdasarkan hasil ngobrol santai dengan perwakilan pemuda, bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 21.15 Wita yang disebabkan karena korsleting listrik dari sebuah rumah warga dekat mesjid kemudian merembet ke masjid dan rumah-rumah disekitarnya. Sehingga puluhan rumah terbakar dan satu masjid. Saat terjadi kebakaran warga sangat panik serta berlarian menyelamatkan diri, ada beberapa warga yang ludes semua barangnya ada juga warga yang hampir semua barangnya dapat diseleamatkan dari kobaran api.

saat mengunjungi masjid yang sudah terbakar

Saat ini para korban membutuhkan material bangunan untuk pembangunan masjid dan rumah-rumah warga. Semoga apa yang sudah disalurkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan terima kasih disampaikan kepada para hamba Allah yang lembut hatinya sehingga mau berbagi bagi saudara kita yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *