Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Kurikulum PGMI dalam mendukung kampus Merdeka Belajar. Kegiatan bertujuan untuk mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini, lebih-lebih terkait dengan beberapa kebijakan menteri pendidikan RI. Selain itu pengembangan kurikulum juga merespon adanya kebijakan mendikbud Nadiem Makarim yang mengatakan “Perguruan Tinggi Wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela, jadi mahasiswa boleh mengambil ataupun tidak sks diluar kampusnya sebanyak dua semester atau setara dengan 40 SKS (dikutip dari https://edukasi.kompas.com/). Hadir dalam kegiatan tersebut Dosen UIN Mataram Dr. Alkusaeri, M.Pd, Ketua LP2M Taqiudin Zarkasi, Ketua LPM Muharir, M.PdI, serta dosen-dosen PGMI STAI Darul Kamal.
Adapun hasil dari kegiatan ini dirumuskan beberapa mata kuliah yang relevan dengan dunia kerja lulusan PGMI, karena profil lulusan PGMI yaitu menjadi Pendidik (guru MI), Konsultan Pendidikan Dasar, dan Peneliti dan Penulis.
Kemudian setelahnya dilanjutkan dengan kegiatan Review Kurikulum hasil dari kegiatan FGD untuk ditetapkan dan diterapkan dalam kegiatan perkuliahan pada semester Ganjil 2020/2021.

Kembang Kerang, 22-23 Agustus 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *