Sebagai upaya tindak lanjut pengalihan pengelolaan jurnal Al-Muta’aliyah Jurnal program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Kaprodi mengambil tindakan lebih cepat dengan melaksanakan Focus Group Discussion yang dilaksanakan pada hari Rabu 12 Agustus 2020 bertempat untuk menentukan tim pengelola jurnal, tim editor, dan tim reviewer serta merumuskan beberapa tema yang akan dimasukan dalam setiap edisi.

Pada kesempatan tersebut kaprodi juga menetapkan beberapa tim reviewer berdasarkan hasil kesepakatan peserta FGD yaitu dengan menetapkan Dr. Alkusaeri, M.Pd, Dr. Muammar, M.Pd, dan Dr. Munawir Haris sebagai tim reviewer jurnal Al-Muta’aliyah. Selanjutnya tim editorial yang terdiri dari Nita Sunarya Herawati sebagai ketua, Lisnawati, M.Pd, Andri Apriani, M.Pd, dan Husairi, M.Pd selanjutnya sebagai anggota.

Selain itu, dirumuskan pula template serta beberapa aturan tentang penerbitan jurnal. Hal ini disampaikan oleh kepala LPM Muharir, M.PdI dalam kesempatan tersebut kepala LPM mengungkapkan bahwa aturan-aturan tentang penulisan dianggap penting untuk membuat keseragaman conten jurnal, sehingga pada saat jurnal diterbitkan memiliki template dan gaya penulisan yang sama. Dibahas pula langkah selanjutnya yaitu untuk membuka link-link dengan kampus-kampus dari luar untuk mengenalkan jurnal Al-Muta’aliyah dan langkah-langkah strategis untuk membangun jurnal lebih baik dan dapat sesegera mungkin dilaksanakan akreditas jurnal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *