“Mendidik dengan Cinta” merupakan tema kocak dan menarik pada Talkshow edisi 3 yang merupakan kajian rutin Program Studi Pendidikan PGMI yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa PGMI. Kegiatan ini bertujuan mengobati rindu mahasiswa yang selama perkuliahan masa pandemi dilakukan dari rumah. Talkshow kali ini menghadirkan pembicara yang kompeten dalam bidangnya yaitu Husairi, M.Pd yang merupakan Dosen PGMI STAI Darul Kamal. Beliau merupakan lulusan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga yang mengambil Konsentrasi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Anak-anak sejak lahir memiliki sifat dan karakter yang berbeda satu dengan yang lainnya, kemudian orang tua hadir dalam membantu proses perkembangannya. Sehingga pada proses kehidupan anak-anak bertindak sebagaimana orang tuanya bertindak. Maka dari itu sebagai orang tua harus memberikan contoh yang baik dan memberlakukan anak sebagaimana layaknya itu diperlakukan sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW yang diperlakukan dengan penuh cinta dan kasih saying.

“Mendidik tanpa melukai”. Sikap orang tua akan menjadi boomerang bagi orang tua itu sendiri. Anak-anak akan semakin tidak nurut apabila kita bersikap kasar dan memaksakan kehendak tanpa memperdulikan keinginan mereka. Pendekatan  kepada anak harus dilakukan dengan sabar serta dari hati ke hati. Sabar adalah kunci utama yang diperlukan dalam mengambil hati anak. Tentu sebagai orang tua kita tidak ingin tindakan-tindakan kita yang tidak pantas ditiru oleh anak kita kelak.

2 thoughts on ““Mendidik Dengan Cinta””
  1. Untuk penyempurnaan isi. InsyaAllah materi atau tulisan yang terkait dengan mendidik dengan cinta sebentar lagi rampung. Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *